Sunday, March 8, 2009

Kuis 'Follow the Bible' acara inti Retreat Pimpinan RSA 2009

Program membaca Alkitab tahun 2009 yang dihimbau oleh General Conference dengan tema 'Follow the Bible' menjadi perhatian khusus bagi jajaran pimpinan Rumah Sakit Advent Bandung.

Itulah alasan mengapa Rapat Kerja pimpinan RSA Bandung tahun ini mengambil tema Follow the Bible. "Segala program tahun ini harus diawali dan diselesaikan dengan kesadaran bahwa Firman Tuhan yang mempersatukan kita," kata Direktur, Dr. Jay M. Tombokan, MBA.

Untuk meyakinkan betapa pentingnya membaca Alkitab, maka salah satu kegiatan utama retreat jajaran pimpinan di Pangandaran tgl 18 s/d 20 Feb lalu adalah cerdas cermat Alkitab. Untuk acara ini, para peserta dewasa retreat yang berjumlah 80 orang dibagi dalam 4 tim dengan 4 jurubicara dari masing-masing tim. Sebagai penyusun soal sekaligus pemandu acara adalah Direktur sendiri, dr. Tombokan, yang merancang 150 soal diambil dari 5 kitab Taurat.

Soal-soal cerdas cermat antara lain, 'berapa kali Abraham menawar sama Tuhan sebelum sodom dimusnahkan?'; 'berapa ukuran meja roti sajian?'; 'berapa lama Yakub harus tinggal di rumah Laban sebelum menikah dengan Rahel?'

Cerdas cermat Alkitab akhirnya dimenangkan oleh tim Samudera Raya pimpinan R. Doloksaribu yang menyisihkan tim Pasir Putih pimpinan dr. G. Rantung.

Pembina Yayasan, Pdt. J. Lubis yang juga hadir sebagai juri berharap agar kegiatan ini memotivasi peserta retreat untuk lebih rajin lagi membaca Alkitab. Menurutnya, "Mudah-mudahan kita tidak saja membaca Alkitab hanya semata-mata karena ingin menang dalam lomba ini, tapi karena kita merasa dikuatkan dalam iman apabila kita rajin membacanya."

Dalam mempersiapkan diri untuk cerdas cermat Alkitab '5 Buku Musa' ini, ibarat persiapan mengikuti ujian final, ada banyak kiat yang dilakukan peserta retreat. Mulai dari menghafal silsilah dan keturunan yang begitu banyak, menghafal nama tempat dan peristiwa, membuat tabel umur orang-orang penting, membuat gambar kaabah, hingga menghitung ukuran-ukuran perkakas kaabah.

Sungguh, keseriusan membaca Alkitab semoga dapat terus dipelihara sampai pada ayat terakhir kitab Wahyu nanti, seolah-olah kita sedang mempersiapkan diri untuk cerdas cermat 'seluruh Alkitab'. Mudah-mudahan demikian.

No comments:

Post a Comment