Monday, June 29, 2009

Kunjungan Tim Asesment Farmasi dari Bappenas

Pada tanggal 3 Juni 2009, RSAB mendapat kunjungan dari tim penilai (assessment team) dari Bappenas yang termasuk juga staf dari USAID. Tim yang terdiri dari 4 orang antara lain, Dr. Firman (Indonesia), Dr. Andre (Philippines), Dr. Michael (USA) dan Ibu Damar. Turut hadir dalam pertemuan juga adalah beberapa anggota HISFARSI (Himpunan Farmasi Seluruh Indonesia) dimana salah satu pengurus propinsi adalah Ka. Farmasi RSAB, Ibu. Esther Mandalas.

Menurut ketua tim, dr. Firman, “Kunjungan kami adalah dalam rangka penilaian penyedia pelayanan kesehatan sektor swasta. Dan untuk Jawa Barat, rumah sakit swasta yang dipilih adalah Rumah Sakit Advent Bandung.”

Kegiatan tim Asesment di latarbelakangi oleh semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang dikelola oleh sektor swasta. Oleh sebab itu, perlu ada masukan atau feedback yang baik kepada Pemerintah mengenai keadaan pelayanan sektor swasta tersebut.

Oleh sebab itu materi pembahasan pada siang itu selain menyangkut kegiatan organisasi Farmasi, baik itu ISFI maupun HISFARSI, juga dibahas mengenai penanganan pasien TB, peran Apoteker dalam Rumah Sakit, masalah seputar keberadaan dokter tamu di RS swasta berkatian dengan ketetapan tarif, ASKES, GAKIN, kegiatan sosial dan paket-paket persalinan.

Diharapakan agar kunjungan tim ini dapat memberikan masukan terkini kepada Pemerintah perihal update pelayanan kesehatan sektor swasta kepada masyarakat khususnya yang kurang mampu.

No comments:

Post a Comment